Koperasi Pegawai Republik Indonesia

Koperasi Republik Indonesia Universitas Diponegoro (KPRI Undip) dikelola oleh Pengurus yang dipimpin oleh seorang Ketua KPRI yang dipilih oleh anggota.  PengurusKPRI Undip teridiri dari  atas:

  • Pengurus KPRI Undip Terdiri atas:
  1. Ketua;
  2. Wakil Ketua I (Simpan Pinjam)
  3. Wakil Ketua II (Pertokoan)
  4. Wakil Ketua III (Kerjasama)
  5. Sekretaris I dan II
  6. Bendahara I dan II
  7. Anggota

 

  • Uraian Tugas dari unsur Pengurus KPRI Undip adalah sebagai berikut:

1Ketua:

  • Merencanakan, menyusun dan menetapkan kebijaksanaan organisasi, kebijaksanaan usaha KPRI Undip;
  • Menciptakan iklim sejuk dan hubungan yang harmonis atar pengurus, pengawas, manajer, karyawan, anggota KPRI Undip dan masyarakat;
  • Mengesahan masuknya anggota baru;
  • Melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan keputusan rapat pengurus, baik kepada pengurus lainnya maupun manajer;
  • Bersama dengan pengurus lain menyusun laporan pertanggungjawaban pada Rapat Anggota Tahunan atau rapat anggota lainnya;
  • Bersama dengan pengurus terkait melakukan perjanjian dengan angora dan/atau pihak ketiga;
  • Membentuk tim kerja sesuai dengan keperluan.

2. Wakil Ketua I (Simpan Pinjam):

  • Merencanakan peluang usaha khususnya bidang simpan pinjam;
  • Memverifikasi pemberian pinjaman kepada anggota;
  • Memberi pengesahan simpanan sukarela yang masuk;
  • Bertanggung jawab terhadap pelaksanaan unit simpan pinjam.

3. Wakil Ketua II (Pertokoan):

  • Merencanakan peluang usaha khusunya bidang pertokoan;
  • Mengevaluasi penawaran kerjasama dari pemasok (supplier) terkait dengan pertokoan;
  • Bertanggung jawab terhadap pelaksanaan unit pertokoan.

4. Wakil Ketua III (Kerjasama dan Sistem Infomasi ):

  • Merencanakan peluang kerjasama dengan pihak ketiga;
  • Merencanakan dan mengembangkan sistem informasi
  • Mengevaluasi penawaran kerajasama dari pihak ketiga;
  • Membuat perjanjian kerjasama dengan pihak ketiga;
  • Bertanggung jawab terhadap pelaksanaan kerjasama dan sistem informasi.

5. Sekretaris I dan II

a. Melakukan inventarisasi atas administrasi organisasi yang penting, diantaranya:

  • Anggaran Dasar dan Rumah Tangga;
  • Badan Hukum Koperasi;
  • Peraturan Pemerintah;
  • Keputusan RAT;
  • Kebijakan Pengurus;
  • Keputusan Pengurus

b. Melaksanakan tugas khusus yang diberikan oleh Ketua.

c. Melakukan tertib administrasi organisasi meliputi:

  • Buku Daftar Anggota, Pengurus dan Pengawas;
  • Buku Notulen Rapat
  • Buku Tamu.

d. Bertanggung jawab terhadap tugas kesekretariatan

6. Bendahara I dan II

  • Merencanakan dan menghimpun sumber dana untuk pemupukan modal organisasi meliputi modal sendiri dan pinjaman.
  • Merencanakan, melaksanakan dan melakukan pengawasan terhadap kebijakan keuangan yang meliputi biaya organisasi.
  • Bertanggung jawab terhadap tertib administrasi keuangan meliputi internal control, laporan keuangan dan analisis keuangan.
  • Melakukan pengawasan terhadap tertib administrasi keuangan meliputi:

Simpanan anggota (pokok dan wajib);

Simpanan sukarela;

Bukti penerimaan dan pengeluaran kas.

 

7. Anggota:

Melaksanakan keseluruhan program bersama dengan pengurus lain